Spensya.Kejar III. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara Mengoptimalkan Microsoft Excel...




           Sobat,Bekerja dengan Microsoft Excel terkadang dapat menemui masalah atau error bukan? pernahkah sobat mengalami kendala saat mengoperasikan Ms.Excel ini? Tentu Hal ini sangat merugikan penggunanya karena error yang ditimbulkan dapat berakibat kurangnya akurasi sebuah perhitungan. Masalah ini tentu tidak diharapkan semua orang. Error ini terjadi bisa disebabkan oleh kondisi internal user dan eksternal user, baik yang sebelumnya tidak diperkirakan maupun sudah dapat diduga. Bagaimana mengantisipasinya?

             Untuk mengantisipasinya, di antaranya dengan melakukan setting awal pada Ms. Excel sesuai bidang kerja dan cara kita dalam bekerja. Untuk bidang-bidang statistik dan rekayasa teknis misalnya, dibutuhkan tipe data yang memunyai presisi tinggi, berbeda dengan bidang perdagangan yang kurang memerlukan ketelitian sampai presisi tinggi. Cara kita bekerja juga akan menentukan setting pada interface. Misalnya, bagi Anda yang merasa nyaman tata tulis alamat cell pada posisi baris ke 3 kolom C, maka sebagian dari kita akan menggunakan tata tulis alamat dengan C3 dan sebagian lain dengan tata tulis R3:C3.


             Pengaturan regional juga penting dilakukan agar saat bekerja tidak menimbulkan masalah, terutama dengan kebiasaan-kebiasaan lokal user dalam memformat tanggal, waktu, satuan, dan lain-lain. Sedangkan untuk menjaga agar file aman, dapat mengetahui dan mencegah masalah yang mungkin timbul, serta dapat bekerja optimal, diperlukan juga pengaturan properti Excel melalui Excel Options, seperti pada Calculation Option, Working with Formula, Error Checking, dan Error Checking Rules.

              Setelah semua sistem dibenahi, antisipasi selanjutnya tentu saja tergantung kepada usernya. Artinya, user harus memiliki pengetahuan memadai dalam pengoperasian formula. Pasalnya, jika terjadi kesalahan pada pengoperasian formula dapat mengakibatkan tidak jalannya suatu alur kerja tertentu yang direncanakan. Error ini dapat mengakibatkan kemacetan atau bisa juga kesimpulan yang salah atas proses tertentu. Misalnya, kesalahan dalam memberi tanda kurung, memasukkan jenis data pada fungsi tertentu, dan lain-lain.


             Demikianlah Excelspensya8a tentang Cara mengoptimalkan microsoft excel.Semoga artikel ini membantu anda, dan Terimakasih atas kunjungan anda.

Posting by : Sucintia Dewi (42)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar